Airlangga Dorong Pemerintah Daerah Hasilkan Energi Terbarukan

Ketua umum Partai Golkar yang juga Menteri Kordinator Perekonomian Airlangga Hartarto saat wawancara khusus dengan Berita Satu Media Holdings, di Jakarta, Minggu (10/11/2019). SP/Joanito De Saojoao.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyambut positif langkah konkret yang ditempuh pemerintah daerah dalam mempercepat pembangunan pabrik Industri palm oil dan Crude palm oil (IPO-CPO) di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Pembangunan ini sejalan dengan misi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meningkatkan kesejahteraan petani sawit di Tanah Air.

“Proyek ini selaras dengan misi Bapak Presiden untuk mendorong peningkatan kesejahteraan petani sawit,” kata Airlangga di Nusa Dua, Bali, Jumat (29/11) .

Airlangga berada di Bali dalam rangka mendampingi Wakil Presiden KH Ma\’ruf Amin untuk meresmikan pembukaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kadin 2019. Selain Airlangga, hadir pula Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, dan Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani.

Ia mengatakan, pemerintah akan terus mendorong pengembangan energi baru terbarukan, baik yang berasal dari kelapa sawit maupun komoditas lainnya. Keberadaan energi terbarukan, selain dapat mengurangi impor
bahan bakar minyak (BBM), juga akan meningkatkan daya saing petani. “Pemerintah akan terus melakukan terobosan untuk meningkatkan taraf hidup petani,” katanya.

Menurut Airlangga, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah berkomitmen untuk mengawal percepatan pembangunan pabrik IPO-CPO, yang diharapkan nantinya akan menghasilkan energi terbarukan. “Ini tentunya akan menghasilkan energi baru terbarukan yang berasal dari pengolahan kelapa sawit. Intinya, akan menciptakan penghematan bahan bakar minyak,” ujar Airlangga.

 

Sumber: Investor Daily Indonesia