Alpian, Putra Bangka yang Jadi Ketua Umum APKASINDO Kedepankan Kesejahteraan Petani Sawit

Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) pusat menggelar Musya­warah Nasional (Munas) di Hotel Orchad, Jakarta, Kamis (28/2).

Dalam Munas yang dihadiri Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Panjaitan, dan Wakil Menteri Pertanian, DR Bayu Krisna Mukhti, itu terpilih H Alpian Arahman SE, putra daerah asal pulau Bangka, Provinsi Bangka Belitung (Babel) sebagai ketua umum APKASINDO pusat periode 2019-2024.

Munas APKASINDO turut dihadiri 366 pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) APKASINDO dari 22 provinsi di wilayah Indonesia serta 366 Dewan turut pula hadir.

“Alhamdulillah semua ini berkat ri­dho Allah SWT. Saya banyak bersyukur dipercaya menjabat selaku ketua umum APKASINDO pusat,” kata H Alpian Arahman saat ditemui di kantornya di Kota Pangkalpinang, Jumat (8/3).

Pria kelahiran Desa Delas, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, terpilih lewat voting.

Sistem pemilihan itu dilakukan setelah tidak ada kesepakatan saat musyawarah mufakat.

Pascaterpilih, Alpian menegaskan komitmennya untuk mengedepankan pe­nguatan pada lembaga petani kelapa sawit di Indonesia termasuk di provinsi Babel.

Hal tersebut lantaran dinilainya jika kelembagaan petani kelapa sawit di Indonesia saat ini terkesan belumlah begitu solid atau bersatu, sehingga kondisi ini pun dianggapnya akan terkendala dalam penyampaian aspirasi para petani kelapa sawit di Indonesia.

“Nah rencana kami pun akan merealisasikan program peme­rintah atau disebut PSR. PSR ini adalah kegiatan peremajaan kelapa sawit atau replanting yakni sesuai program pemerintah itu dengan alokasi lahan pada tahun 2019 ini seluas 185.000 hektare,” terangnya.

Terkait program pemerintah itu, para petani yang telah memiliki lahan atau pun kebun kelapa sawit namun kondisinya buruk maka semua itu akan diganti oleh pemerintah.

“Jadi jika bibit sawitnya tidak unggul dan hasil buah sawitnya pun tidak bagus maka semua itu miliik petani akan diganti oleh pemerintah yakni melalui program PSR tadi,” katanya.

Alpian menuturkan APKASINDO sudah berdiri sekitar 20 tahun. Dia adalah ketua umum ketiga dalam kepengurusan APKASINDO pusat.

Tak cuma aktif dalam organisasi, seperti Dewan Rempah Indonesia dan Koperasi Lada Babel, pria yang dikenal memiliki sosok ramah dan bersahabat ini pun memiliki berbagai macam bidang usaha dalam grup perusahaan yang dimilikinya, diantaranya selaku distributor pupuk subsidi maupun non subsidi, eksportir lada putih , dan ekpedisi angkutan barang.

Sumber: Bangka.tribunnews.com