Argentina Pastikan Bakal Impor Buah dari Indonesia

Argentina telah menyetujui untuk mengimpor produk buah-buahan asal Indonesia, seperti mangga, pisang, manggis, nanas dan salak. Tak hanya mengimpor buah, pemerintah Argentina pun berkomitmen akan menambah volume impor minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) dari Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Pertanian Amran Sulaiman di Istana Kepresidenan di Buenos Aires, Senin (22/7) lalu. Ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Presiden Argentina Mauricio Macri di Istana Bogor pada 26 Juni 2019 lalu.

“Ini adalah saat bersejarah bagi pertanian Indonesia. Akses pasar bagi produk petani Indonesia diberikan langsung Presiden Argentina pada Menteri Pertanian. Kami akan maksimalkan peluang ini agar kesejahteraan petani meningkat,” ujar Amran dalam keterangan tertulis yang diterima KONTAN, Selasa (23/7).

Dalam pertemuan kali ini, Indonesia dan Argentina pun sepakat untuk bekerja sama mengembangkan teknologi pertanian, yaitu dryer (alat pengering), silo (pergudangan), dan mekanisasi pengolahan hasil pertanian.

Persetujuan tersebut akan diawali dengan penandatangan perjanjian kedua belah pihak, antara Menteri Pertanian Indonesia dan Menteri Agroindustri Argentina, yang direncanakan akan dilaksanakan di Jakarta pada bulan September 2019 yang akan datang. Indonesia dianggap memiliki potensi besar memasok produk-produk hortikultura. Argentina adalah salah satu pasar non-tradisional yang diakses agar pertanian menghasilkan devisa lebih besar.

 

Sumber: Harian Kontan