Bersama Menko Luhut Panjaitan, APKASINDO Dukung Kampanye Positif Sawit Di Eropa

 

Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) bergabung dalam Tim Negosiasi RI yang dipimpin Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, dalam perundingan pembatasan penggunaan produk turunan kelapa sawit di Uni Eropa (EU). Kunjungan ke Uni Eropa dimulai dari 22-27 April 2018 ke lima negara yaitu Belgia, Vatikan, Belanda, Jerman.

“Kami apresiasi Presiden Jokowi yang mengutus Pak Luhut Panjaitan untuk datang ke Eropa, terutama terkait kampanye positif sawit ini,” kata Rino Afrino, Wasekjen APKASINDO, dalam wawancara via whatsapp, Kamis (26 April 2018).

Rino menjelaskan bahwa komitmen yang tegas dari pemerintah indonesia sangat diperlukan di tengah derasnya tudingan dan isu negatif tentang sawit yang dilancarkan oleh pihak Uni Eropa.

Komitmen dan kerja keras Menko Luhut Panjaitan sangat diapresiasi karena aktif menggalang lobi dan diplomasi ke negara Uni Eropa termasuk Vatikan. “Pak Luhut bilang ke saya sampai serak suara ini bela kalian,” kata Rino.

Rino Afrino menuturkan penguatan diplomasi yang sudah bagus ini, harus diiringi dengan kebijakan dalam negeri terhadap petani sawit seperti produktivitas, peremajan, peningkatan SDM perkebunan, dan legalitas lahan.

Untuk itu, APKASINDO berencana mengadakan audiensi bertemu Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan di Jakarta. Menurut Rino, audiensi dengan pengurus apkasindo bertujuan membangun penguatan kebijakan terhadap petani. “Berulang kali Pak Luhut sampaikan, Presiden Jokowi sangat peduli terhadap petani sawit,” ujarnya.

 

Sumber: Sawitindonesia.com