Boikot Produk Eropa Dikaji

DISKRIMINASI produk kelapa sawit Indonesia oleh Uni Eropa masih menjadi perhatian pemerintah. Oleh karena itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B Pandjaitan menegaskan, pemerintah bakal melindungi kesejahteraan para petani dan jutaan orang lainnya yang bergantung pada bisnis kelapa sawit.

“Apapun akan kami lakukan untuk mempertahankan kedaulatan negara, karena 18 juta orang bergantung pada industri sawit. Karena, ini akan berdampak pada angka kemiskinan kita,” ujar Luhut, Minggu (31/3).

Menurut Luhut, Uni Eropa yang mempermasalahkan dampak lingkungan industri sawit di negara kita bukanlah alasan yang bisa diterima. Soalnya, Indonesia sangat paham dengan situasi itu. “Indonesia peduli juga dengan lingkungan, kita yang paling tahu, apa yang terbaik untuk lingkungan hidup Mta,” tambah dia.

Luhut menandaskan, pemerintah sedang mengkaji untuk melakukan pemboikotan terhadap beberapa produk dari Eropa. Apalagi, sejumlah badan internasional memuji keadaan ekonomi Indonesia yang terus mengalami perbaikan. “Sekarang makin susah untuk bermain-main. Tapi saya yakin, Uni Eropa yang tidak nyaman lama kelamaan akan menyesuaikan juga,” katanya.

Sumber: Harian Kontan