Dari Bank Indonesia, Wilmar Dapat Penghargaan Penyumbang Devisa Ekspor

JAKARTA, SAWIT INDONESIA – PT Wilmar Nabati Indonesia dinobatkan Bank Indonesia (BI) sebagai Korporasi Penyumbang Devisa Ekspor Terbaik. Bank Indonesia memberikan 30 penghargaan kepada individu, korporasi, perbankan, dan media atas kinerja dan kontribusi mereka bagi perekonomian dan mendukung kebijakan BI.

MP Tumanggor, Komisaris Wilmar Nabati Indonesia, mengapresiasi penghargaan yang diberikan Bank Indonesia kepada perusahaan. Penghargaan ini menjadi bukti kepatuhan Wilmar Grup terhadap regulasi pemerintah dan tata kelola yang baik.

“Kami sangat berterimakasih kepada BI atas penilaian ini. Dan ini menunjukkan Wilmar adalah perusahaan yang berkelas internasional sehingga transaksi ekspor impor yang dibuat harus transparan dan mematuhi aturan pemerintah, “ujar MP Tumanggor dalam sambungan via telepon.

Menurut MP Tumanggor, Wilmar selalu patuh dan mendukung aturan yang dibuat pemerintah dalam hal ini Bank Indonesia. Itu sebabnya, perusahaan mendapatkan penilaian yang independen dan objektif untuk kriteria Korporasi Penyumbang Devisa Ekspor Terbaik. Dalam kategori ini perusahaan penerima penghargaan lainnya adalah PT Kaltim Prima Coal dan PT Smelting. Satu-satunya perusahaan kelapa sawit penerima penghargaan dari Bank Indonesia adalah PT Wilmar Nabati Indonesia.

Agus DW Martowardojo, Gubernur BI menyebutkan penghargaan diberikan kepada para pelaku ekonomi dan tokoh bangsa yang memberikan kontribusi dalam beberapa waktu terakhir. Selain itu, mereka juga punya kinerja terbaik untuk mengawal dan memajukan perekonomian Indonesia, serta memberikan inspirasi bagi peningkatan kualitas dan tata kelola perekonomian bangsa.

“Diharapkan dari 30 penghargaan tadi membuat para pemangku kepentingan yang selama ini mendukung kegiatan dan kebijakan BI betul – betul merasa mereka berkinerja baik dan dihargai oleh BI,” ujar Agus DW Martowardojo dalam acara pemberian Penghargaan Bank Indonesia 2017 di Jakarta, Selasa (18/7/2017).

Bank Indonesia (BI) memberikan penghargaan terhadap tata kelola dan kinerja baik para pelaku ekonomi, melalui penganugerahan Penghargaan Bank Indonesia 2017. Dalam penghargaan ini terdapat 30 (tiga puluh) penghargaan yang diberikan bagi individu, korporasi, perbankan dan media, dari 16 (enam belas) kategori.

Acara pemberian penghargaan merupakan salah satu agenda tahunan Bank Indonesia yang untuk pertama kalinya diselenggarakan di tahun 2017, sekaligus merupakan puncak dari rangkaian kegiatan hari ulang tahun Bank Indonesia yang diperingati setiap tanggal 1 Juli.

“Pemberian penghargaan Bank Indonesia ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan mendorong inovasi-inovasi baru bagi para pelaku ekonomi. Selain itu, mereka diminta untuk terus berdisplin dan berkarya, berkinerja, dan menjaga tata kelola yang baik sehingga memelihara stabilitas ekonomi dan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional,” kata Agus.
Adapun penerima penghargaan antara lain:
1. Bank Pendukung Pengendalian Moneter Rupiah dan Valas Terbaik : Bank Mandiri
2. Bank Pendukung Pengendalian Moneter Syariah Terbaik : Bank Syariah Mandiri
3. Bank Pendukung Pendalaman Pasar Keuangan Terbaik : Bank Central Asia (BCA)
4. Korporasi Penyumbang Devisa Ekspor Terbaik: PT Kaltim Prima Coal, PT Smelting, PT Wilmar Nabati Indonesia
5. Media Teraktif dalam Mengkomunikasikan Kebijakan BI
a. Media Cetak:
1. Bisnis Indonesia
2. Koran Kontan
3. Investor Daily
b. Media Online:
1. Bisnis.com
2. Okezone
3. Metrotv.com

6. Peserta Sistem BI -RTGS dan BI -SSSS Terbaik: Bank Negara Indonesia (BNI)
7. Peserta SKNBI Terbaik : BCA
8. Bank Terbaik dalam mendukung sirkulasi uang Rupiah di daerah Terpencil, Terluar, dan Terdepan :
a. Bank Umum : BRI Waingapu
b. Bank Pembangunan Daerah : Bank Kalimantan Barat Cab. Singkawang
9. Perusahaan Fintech teraktif Pendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) Inklusi dan Edukasi Keuangan serta Pemberdayaan UMKM : PT Dompet anak Bangsa (GoPay) bekerjasama dengan Gojek
10. Bank Pendukung UMKM Terbaik :
a. BUKU 3 dan 4: Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), dan Bank Central Asia (BCA)
b. BUKU 1 dan 2 : Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah (BTPN Syariah), Bank Pembangunan Daerah Bali, dan Bank Mandiri Taspen Pos.
11. Bank Dengan Kepatuhan Pelaporan Terbaik:
a. Bank Pelapor LLD dan DHE: Citibank, N.A
b. Bank Pelapor LBU, LBUS, dan SID: BCA

12. Korporasi Pengelola Market Risk Terbaik
13. Korporasi Pengelola Utang Luar Negeri Terbaik : PT Indomobil Finance Indonesia
14. Korporasi Responden Statistik Bank Indonesia Terbaik :
a. Responden survei terbaik : PT Arnott’s Indonesia
b. Contact Liaison Terbaik: PT Chandra Asri Petrochemical Tbk
15. Penggiat Ekonomi Syariah Terbaik : KH. Ma’ruf Amin
16. Penghargaan Lifetime Achievement: Mantan Gubernur BI, Rachmat Saleh.

Sumber: Sawitindonesia.com