Dari Filantropi Ke Program Pendidikan Terencana

 

Robert Samosir dari Sinar Mas Group menunjukan laporan data tahun 2011 tetnang sebaran jumlah murid dari SD hingga SMP di perkebunan mereka.Jumlahnya sekitar 30 ribu siswa. Lebih dari 10 persen murid berasal dari desa-desa sekitar perkebunan yaitu anak-anak dari penduduk setempat dan suku asli yang telah lama bermukim disana.

Perbandingan rasio guru dan murid di perkebunan sawit anggota GAPKI seperti di Astra Agro, Best Group, Indo Truba dan Sinar Mas adalah satu guru dibanding dua puluh murid. Rasio ini tampaknya mendekati standar rasio guru dan murid di sekolah nasional plus bertebaran di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan Medan.

Widodo, staf Indo Truba, perkebunan sawit yang dimiliki  Minamas Group, menyatakan, tingkat kelulusan murid-murid selama lima tahun terahir ini selalu mendekati 100 persen. Pencapaian tidak saja dalam kuantitas tetapi juga kualitas.Rata-rata nilai akhirmurid tergolong tinggi, sekitar 80 bahkan ada siswa yang mendapat nilai 10 untuk Ujian Akhir Nasional matematika atau sempurna.

Sumber: Pendidikan Untuk Anak Bangsa di Perkebunan Kelapa Sawit, GAPKI

 

Sumber: Sawitindonesia.com