Darmin Panggil Menteri ATR dan LHK Bahas Moratorium Sawit

Dua menteri Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendatangi kantor Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution. Dua menteri tersebut ialah Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

Dipantau detikFinance, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil hadir pada pukul 09.15 WIB. Kemudian berselang lima menit disusul oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. Mereka akan membahas moratorium atau penghentian sementara izin lahan sawit.

Berdasarkan agenda Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin akan memimpin rapat pada pukul 09.00 WIB di Ruang Mahakam, Gedung Ali Wardhana, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Adapun, moratorium tersebut telah diteken oleh Jokowi pada 19 September lalu untuk meningkatkan tata kelola perkebunan kelapa sawit yang berkelanjutan.

Hal itu tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 8 Tahun 2018 tentang Penundaan dan Evaluasi Perizinan Perkebunan Kelapa Sawit serta Peningkatan Produktivitas Perkebunan Kelapa Sawit

Selain itu, memberikan kepastian hukum dan menjaga kelestarian lingkungan. Dalam Inpers tersebut, Jokowi meminta para menteri melakukan sejumlah hal untuk mendorong program tersebut.

 

Sumber: Detik.com