Darmin Ultimatum Kementan dan BPDP Peremajaan Sawit Harus Jalan

Jakarta – Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution menceritakan program peremajaan sawit agak tersendat. Hal itu karena pengelolaan yang dilakukan oleh banyak pihak.

Untuk itu, Darmin memanggil Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian (Kementan) dan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS) guna mencari menyelesaikan masalah tersebut.

“Pelaksanaan dari yang sudah ada itu agar tersendat. Mengecek siapa yang bikin lambat, ya biasalah tuduh-menuduh tapi sudah selesai,” kata dia di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (21/8/2018).

Lebih lanjut, Darmin menjelaskan saat ini persoalan tersebut telah selesai. Sehingga ia meminta kepada para lembaga untuk mampu menjalankan program tersebut dalam waktu 10 hari atau pada 1 September mendatang.

“Saya bilang, 1 September yang sudah launching itu nggak jalan, awas,” sambung dia.

Ditemui di kesempatan yang sama, Direktur Tanaman Semusim dan Rempah, Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian (Kementan) Agus Wahyudi juga memaparkan masalah program tersebut berkaitan dengan birokrasi serta teknis.

“Kita melihat beberapa hambatan-hambatan yang harus kita atasi, supaya percepatannya bisa lebih cepat. Hambatan ya ada yang birokrasi, ada yang teknis itu yang kita lihat satu persatu,”pungkasnya. (hns/hns)

 

Sumber: Detik.com