Dr. Iman Yani Harahap Menjabat Direktur PPKS

Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) mempunyai direktur baru pengganti Dr. Hasril Hasan Siregar. Ia adalah Dr.Iman Yani Harahap yang baru dilantik pada 22 Maret 2019.

Teguh Wahyudi, Direktur Utama PT Riset Perkebunan Nusantara (RPN) mengakui sudah ada pergantian Direktur PPKS yang baru. “Pak Iman Yani Harahap sekarang ini direktur baru (PPKS) ,” kata Teguh kepada sawitindonesia.com, Selasa (2 April 2019).

Sebagai informasi, PPKS adalah anak usaha PT RPN. PPKS merupakan gabungan dari 3 lembaga penelitian, yaitu Pusat Penelitian Perkebunan (Puslitbun) Medan, Puslitbun Marihat, dan Puslitbun Bandar Kuala.

Saat dihubungi redaksi, Dr. Iman Yani Harahap mengakui bahwa dirinya dilantik sebagai Direktur PPKS bulan Maret kemarin.”Saya dilantik tanggal 22 Maret ,” paparnya.

Dr. Iman Yani Harahap adalah Doktor Bidang Agronomi dan Spesialisasi Pemodelan Tanaman, Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor. Gelar S-1 dan S-2 diraihnya di Fakultas Pertanian Universitas Gajah Mada

Sebagai direktur baru, Iman Yani ingin PPKS mampu berperan dalam memperkuat sektor ketahanan energi nasional di sektor hilir melaui riset bioenergi terbarukan berbasis kelapa sawit.

Selain itu, ia pun ingin meningkatkan efisiensi proses produksi di sektor hulu dengan mengoptimalkan peran media ekobiologis yang ramah lingkungan.

Prestasi PPKS adalah ditetapkan sebagai Lembaga Penelitian dan Pengembangan yang menjadi Pusat Unggulan IPTEK sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Negara Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 48/M/Kp/XII/2014.

Sumber: Sawitindonesia.com