GAPKI Kalsel Serahkan Bantuan Cangkang Sawit Untuk Bahan Disinfektan

JAKARTA, SAWIT INDONESIA – Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mendukung pemerintah pusat dan provinsi untuk mengantisipasi meluasnya pandemi Covid-19 di masyarakat dan perkebunan sawit.

“Kami berkomiten mendukung program pemerintah mencegah Virus Corona (red-Covid 19) di Kalimantan Selatan,” ujar  Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Eddy Binti, Senin (6 April 2020).

Bantuan yang diberikan berupa cangkang sawit untuk bahan baku pembuatan asap cair disinfektan. Tujuannya, penyemprotan disinfektan dapat memperkuat upaya  pencegahan penularan virus. Jumlah peneriman bantuan yaitu  18 Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) binaan dari Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalsel dan 21 Kelompok Tani Hutan (KTH) binaan Dinas Perhutanan Kalsel.

Eddy menjelaskan pembuatan asap cair Disinfektan dari cangkang Sawit ini merupakan hal baru yang dapat menjadi  solusi terkait tingginya permintaan masyarakat terhadap kebutuhan Disenfektan dalam upaya penanganan COVID-19.

Di UPBB di Tanjung, Kabupaten Tabalong menerima bantuan 8 kubik cangkang Sawit per UPBB, maka hingga hari ini UPBB mampu menghasilkan kurang lebih asap cair 20 hingga 25 liter per hari.

Untuk UPBB yang dibantu, antara lain di Kabupaten Tanah Laut diterima Gapoktan Karya Bersama, Kabupaten Banjar RPBSK Langla, Kabupaten Tabalong untuk UPBB Ngudi Mulyo dan UPBB Sinar Mulya, Kabupaten Tanah Laut untuk UPBB Kapekate dan UPBB Mugi Rahayu.

Penyaluran bantuan cangkang Sawit antara lain oleh, GMK, Kharisma Inti Usaha, dilanjutkan besok Selasa (7/4), Hasnur Citra Terpadu dan Barito Putra plantation dan akan disusul lagi CPKA 2,  KIU 3, GMK 1, BKB 2, HASNUR 2, dan Astra 4. Kabupaten Tanah Bumbu UPBB Damar Jaya dan UPBB Rejowinangung Jaya Makmur, Kabupaten Balangan diterima UPBB Melati Permai, Kabupaten Kota Baru diterima UPBB Makmur dan di Hulu Sungai Selatan di terima UPBB Telaga Warga.

Kabupaten Tanah Bumbu di terima UPBB Mulia Makmur, UPBB Tani Jaya, UPBB Sido Mulyo, UPBB Berkah Usaha, UPBB Batu Licin Irigasi, UPBB Al Ma’wa dan di terakhir di Kabupaten Balangan UPBB Sungai Kihung Lestari.

“UPBB yang kita bantu cangkang Sawitnya ini juga merupakan penerima bantuan alat asap cair dari Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Dinas Perkebunana dan Peternakan Kalsel, begitupun 21 KTH juga dibantu juga telah memiliki alat yang serupa,” kata Eddy seperti dilansir dari LKBN Antara.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalsel, Suparmi, mengatakan dengan adanya produksi asap cair Disinfektan dari bahan cangkang Sawit menjadikan kegembiraan dan ketenangan karena sudah bisa membuat sendiri, dalam memenuhi kebutuhan penyemprotan Disinfektan di daerah. Asap cair yang diproduksi tersebut dapat langsung dipakai dengan konsentrasi satu persen, maka untuk satu liter asap cair dicampukan ke 100 liter air bisa langsung disemprotkan

Sumber: Sawitindonesia.com