Industri Kelapa Sawit, Bisnis Menjanjikan untuk Anak Muda

 

Pada Kamis (23/1/2020) sejumlah anggota Jaringan Indonesia Muda (JIM) melakukan kunjungan ke PKS II PTPN VIII, kegiatan ini merupakan program bulanan JIM dalam mengenal Industri kelapa sawit lebih dekat dan keterlibatan anak muda dalam bisnis industri kelapa sawit.

Ketua Jaringan Indonesia Muda, Arsyad Prayogi mengatakan, kegiatan ini untuk menambah wawasan. “Serta menggali peluang bisnis bagi anak muda dalam industri kelapa sawi,” katanya dala keterangan resmi diterima InfoSAWIT, belum lama ini.

Dalam proses pengelolahaan kelapa sawit menghasilkan limbah cair, limbah padat & limbah gas. Sebagai penghasil kelapa sawit, PTPN VIII tentunya memiliki potensi limbah yang sangat besar. Sebagai gambaran, jumlah tandan kosong yang dihasilkan setiap ton TBS yang diolah mencapai sekitar 23%, namun belum banyak dimanfaatkan dan pengelolaannya masih terbatas sebagai abu bakar dan mulsa tanaman, hal ini menjadi peluang bagi anak muda.

“salah satunya yang bisa kita sinergikan dari PTPN VIII ini adalah tandan kosong sawit (Tankos), limbah padat ini bisa diolah menjadi pupuk kompos, budidaya jamur, budidaya jangkrik serta pembuatan Helm dari Tankos,” tambahnya.

R Mubarik Ahmad sebagai Kepala pabrik PKS II PTPN VIII mengatakan, pihaknya berharap JIM dapat menjadi mitra dalam pengelolahaan limbah kelapa sawit. “Kami juga menaruh harapan terutama kepada pemuda Bogor dalam memberikan edukasi terhadap masyarakat tentang prospek dan potensi Industri kelapa Sawit,” tandas dia.

Sumber: Infosawit.com