Kembangkan Energi Hijau Berbasis Sawit

Delegasi Indonesia yang dipimpin oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, melakukan kunjungan ke Jepang dalam rangka pengembangan energi hijau. “Indonesia mengajak Jepang mengembangkan energi hijau berbasis kelapa sawit,” kata Jonan kepada Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang, Hiroshige Seko, dalam pertemuan di Tokyo, Jepang, 23 Agustus 2019.

Turut bergabung dalam delegasi Indonesia antara lain Direktur Utama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa sawit (BPDPKS) Dono Boestami, Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi F.X Sutijastoto, Duta Besar Indonesia untuk Jepang Arifin Tasrif, Komisioner Ombudsman Republik Indonesia Laode Ida, Ketua Umum Asosiasi Produsen Biofuels Indonesia (Aprobi) MP Tumanggor, dan kalangan pengusaha sawit Chairman Gama Group Martua Sitorus.

Dalam kaitan penggunaan produk sawit, Jepang telah mempermudah persyaratan bagi produk sawit Indonesia untuk masuk ke Jepang. Antara lain, menunda kewajiban produk sawit Indonesia mengantongi sertifikat RSPO [Roundtable on Sustainable Palm Oil) hingga 2021 dari sebelumnya yang ditetapkan hingga batas akhir 31 Maret 2019.

Sumber: Koran Tempo