Kementan Kenaikan Teknologi Pengembangan Biomassa Sawit

 

PARA customer mengaku puas dengan kegiatan sosialisssi Knowledge Product Patra Bio Solar atau B3O yang digelar PT Pertamina Patra Niaga di Aula Qubu Resort, Kamis (5/3).

Satu di antaranya diungkap oleh Manager PT Citra Mandiri Rekayasa Kalbar, Zeno Bius. “Acara seperti ini bagus agar kami customer Pertamina Para Niaga ini tahu, ciri khasnya dari produk B30. Baik cara penanganannya, cara simpannya,” ujar Zeno kepada Tribun.

PT Citra Mandiri Rekayasa Kalbar merupakan perusahaan bergerak di bidang semen dan beton di Kalbar. Pihaknya sangat mendukung dengan program pemerintah terkait produk B30 ini karena merupakan bahan bakar yang bisa terbarukan.

Pihaknya mengapresiasi kerja sama dengan PT Pertamina Patra Niaga yang sudah terjalin kurang lebih setahun terakhir dan berjalan dengan baik. “Patra Niaga bagus ya, sigap dalam hal distribusi, dalam pemberian knowledge juga sering datang ke kita memberikan pengetahuan baru kepada kita,” ujarnya.

Sementara dari pihak penyalur, yakni Manager PT Mitra Usaha Kalbar, Sherly Sudargo, juga mengapresiasi kegiatan yang digelar PT Pertamina Patra Niaga. “Kita kan juga bawa konsumen jadi bisa dengar banyak pengetahuan.

Bagus ya, konsumen juga tahu bahwa B3O itu ramah lingkungan,” ujarnya.

Kemudian terkait spesifikasi produk Patra biodiesel itu sendiri dan langkah-langkah penanganan bisa diketahui. “Takutnya dulu kan ada komplain-komplain dengan adanya sosialisasi ini mereka tahu cara kerja produknya seperti apa,” ujarnya.

Sebagai pelaku usaha, tentunya ikut mendukung dengan program pemerintah ini, baik penerapan B3O bahkan B5O nantinya. Asalkan kebijakan tersebut disosialisasikan terlebih dahulu. “Jadi mereka tidak kaget terhadap perubahan produk,” ujarnya,

 

Sumber: Tribun Pontianak