KLHK Minta Gapki Gencar Pulihka Lahan Gambut

JAKARTA. Gabungan Pengusaha kelapa sawit Indonesia (Gapki) akan berupaya mendorong anggotanya untuk meningkatkan kinerja memulihkan lahan gambut di areal perkebunan yang mereka kelola. Pemulihan lahan gambut diantaranya dengan cara membuat tata kelola irigasi yang baik agar bisa mencegah kebakaran lahan dan hutan.

Karena itulah, Ketua Gapki Joko Suprianto mendorong seluruh anggotanya untuk segera melakukan pemulihan ekosistem gambut dan menyusun dokumen perencanaan pemulihan ekosistem gambut seperti yang diminta oleh pemerintah.

Menurut Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK, M.R. Karliansyah saat ini sebagian besar pengusaha perkebunan sawit belum menyampaikan dokumen rencana pemulihan ekosistem gambut atau belum melakukan pemulihan ekosistem gambut pada areal konsesinya.

“Perbaikan tata kelola air di lahan gambut di areal konsesi perkebunan berperan dalam mencegah potensikebakaran hutandan lahan. Serta dalam menghadapi potensi musim kering yang diprediksikan oleh BMKG akan terjadi pada bulan Juli sampai dengan Agustus mendatang,” terang Karliansyah, Rabu (13/5).

 

Sumber: Harian Kontan