Kunjungi China, Menlu RI Dorong Peningkatan Ekspor Kelapa Sawit

Pemerintah Indonesia mengungkapkan harapannya agar Pemerintah China, bisa merealisasikan komitmennya untuk meningkatkan impor kelapa sawit dari Tanah Air.

Hal ini disampaikan dalam pertemuan Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi dengan Menteri Luar Negeri China, Wang Yi.

“Indonesia harapkan RRT, dapat segera realisasi komitmen untuk meningkatkan impor minyak kelapa sawit Indonesia,” kata Retno dalam keterangan resminya, Kamis 25 April 2019.

Pada pertemuan yang digelar di Great Hall of The People Beijing pada Rabu 24 April 2019 tersebut, kedua menlu membahas upaya untuk meningkatkan kerja sama baik itu di tingkat bilateral maupun multilateral.

Dalam kerangka bilateral, Retno mendorong, agar nilai perdagangan antara Indonesia dan China bisa lebih berimbang. Indonesia berharap China, bisa lebih membuka pasarnya untuk berbagai produk Indonesia, termasuk produk buah-buahan.

Sementara itu, dalam kerangka kerja sama kawasan, Menlu RI dan Menlu China membahas mengenai kerja sama Indo-Pasifik. Di antaranya telah disampaikan berbagai inisiatif Indonesia untuk mendorong kerja sama Indo-Pasifik yang terbuka, inklusif, transparan, menghormati hukum internasional dan sentralitas ASEAN.

“Menlu RRT menyambut baik peran ASEAN di kawasan dan arti pentingnya dalam mengembangkan kerja sama di kawasan dan antar kawasan,” ujar Retno.

Sumber: Viva.co.id