Menteri BUMN Harap Pembangkit Listrik Pakai Bahan Bakar Sawit di Papua

Jayapura – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno mengarahkan, PT PLN (persero) mencari sumber energi alternatif untuk melistriki wilayah Papua dengan cepat. Salah satunya memakai minyak kelapa sawit.

Rini mengatakan telah berbicara dengan Direktur Perencanaan Koorporat PLN Syofvi Felienty Roekman, ada mesin pembangkit yang menggunakan bahan bakar 100 persen minyak sawit.

‎”Tadi bicara dengan Bu Syofvi ada 100 persen mesin pakai minyak kelapa sawit,” kata ‎Rini, di Jayapura, Papua, seperti ditulis Sabtu (25/8/2018).

Rini mengungkapkan, saat dirinya akan mendarat di Papua, terlihat hamparan kebun kelapa sawit. Dia pun berharap sumber daya alam tersebut bisa dimanfaatkan untuk sebagai sumber bahan bakar pembangkit listrik.

“Saya lihat tadi dari atas banyak kebun kelapa sawit semoga bisa termanfaatkan,” tutur dia.

Rini menuturkan, dengan menggunakan sumber energi sesuai dengan potensi di wilayah, diharapkan Papua bisa lebih cepat terlistriki. “Sehingga bisa cepat melistriki Papua ini,” ujar dia.

Sementara itu, Direktur Bisnis Regional PLN Maluku Papua‎, Ahmad Rofik mengatakan, ‎dalam meningkatkan aksebilitas dan meningkatkan penyebaran kelistrikan, PLN terus bangun infrastruktur ketenagalistrikan di daerah timur.

Saat ini rasio elektrifikasi di Papua masih rendah, yaitu 44,‎85 persen dengan jumlah pelanggan 355.558.

“Saat ini kondisi daya mampu di atas beban puncak, dengan geografis beragam maka rasio elektrifikasi masih rendah,” ujar Ahmad.

 

Sumber: Liputan6.com