MENYANGGAH TUDINGAN LEWAT RISET AKADEMIK

 

Dikatakan Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian, Kementerian Koordinator Perekonomian, Musdalifah Machmud, seringnya isu negatif hadir menjadi ciri telah terjadinya persaingan dagang.

Namun demikian, kata Alumni IPB ini, pihaknya siap menjadi bagian dalam menghadapi berbagai permasalahan yang dihadapi industri kelapa sawit nasional. “Sebab itu kita tidak hanya bicara tetapi siapkan juga bukti-bukti,” katanya kepada InfoSAWIT, belum lama ini di Jakarta.

Munculnya tudingan sawit biang deforestasi harus segera di lusurkan, maka itu perlu ada penyiapan konsep-konsep deforestasi di Indonesia seperti apa, prinsip yang dilakukan. Lantaran biasanya kalau status hutan berubah maka ekosistem diatasnya juga turut berubah. “Itulah yang harus diinfokan ke dunia bahwa deforestasi versi kita apa definisnya,” katanya.

Untuk memperkuat sanggahan itu maka kedepan butuh mengumpulkan semua penelitian mengenai deforestasi, langkah ini menjadi penting. Sebagai pondasi dalam menghadapi beragam tuidngan yang menjauhkan fakta.

Pemerintah, tutur Musdhalifah siap untuk menyampaikan informasi mengenai  kelapa sawit sebaik-baiknya terhap dunia internasional. “Kita juga kan sudah mengeluarkan kebijakan sawit berkelanjutan yakni ISPO,” tandas Musdhalifah. (T2)

 

Sumber: Infosawit.com