Minyak Goreng Sawit Ternyata Lebih Sehat

 

InfoSAWIT, JAKARTA – Sektor komoditas kelapa sawit di Indonesia terus berkembang, bahkan komoditas strategis Indonesia ini mampu memberikan devisa besar bagi negara. Selain memberikan dampak positif bagi ekonomi negara, rupanya minyak sawit juga adalah sumber dari minyak nabati yang sangat sehat.

Dikatakan General Manager Apical Marunda, Lim Teck Guan mengakatan, masih sedikit masyarakat yang tahu bahwa minyak goreng kelapa sawit mampu memberikan keuntungan bagi kesehatan. Alasannya, hanya minyak goreng sawit saja yang memiliki komposisi yang seimbang antara kandungan asam lemak tak jenuh dan asam lemak jenuh-nya. Sehingga minyak goreng sawit bisa menjadi salah satu elemen penting dalam gaya hidup diet yang sehat.

“Keseimbangan komposisi asam lemak jenuh dan tak jenuh pada minyak goreng sawit tidak dimiliki minyak nabati lainnya. Lemak merupakan sumber energi selain karbohidrat dan protein yang sangat dibutuhkan dalam asupan setiap hari. Akan hal itu, lemak juga,” kata Lim Teck Guan, saat diskusi online yang diadakan Apical dihadiri InfoSAWIT, Rabu (16/6/2020).

Sementara dituturkan R&D Apical Marunda, Fajar Marhaendra, minyak kelapa sawit sampai saat ini bisa ditemukan diberbagi produk sehari-hari. Selain dalam bentuk cairan atau minyak goreng, minyak kelapa sawit juga berbentuk semi padat dan padat (margarine) yang menjadi salah satu bahan dalam pembuatan makanan seperti ice cream, olahan roti, olahan cokelat, dan bahan kuliner lainnya. Jadi, tanpa sadar masyarakat juga sudah mengkonsumsi minyak kelapa sawit setiap harinya.

“Karena berbentuk cair, semi padat dan padat, membuat minyak kelapa sawit praktis dan dapat digunakan sesuai dengan kebutuhannya. Selain itu, keuntungan dari penggunaan minyak kelapa sawit untuk olahan makanan dalam keseharian, salah satunya dapat menghasilkan gorengan yang lebih renyah dan tahan lama serta membuat tekstur yang halus dan lembut sehingga enak dirasakan didalam mulut,” tandas Fajar. (T2)

 

 

Sumber: Infosawit.com