Mutu International Gandeng Petani Sawit

DALAM menghadapi persaingan di era Industry 4.0, Mutu International pada Jumat (31/1) melangsungkan penandatangan Nota Kesepahaman dengan Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo).

Arifin Lambaga selaku Presiden Direktur Mutu International mengatakan bahwa dengan adanya kerjasama ini, proses sertifikasi ISPO, RSPO maupun jenis sertifikasi lain yang relevan, akan berjalan lebih mudah dan cepat.

“Sehingga dalam jangka panjang, membawa implikasi pada naiknya daya saing produk Kelapa Sawit Indonesia di dunia internasional,”tuturnya.

“Namun yang terpenting di atas semua itu, keberlanjutan pengelolaan Sawit, terjamin,”tandasnya.

Sementara itu, Ketua DPP Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Gulat Medali Emas Manurung mengatakan bahwa bukan sekedar aspek ekonomi yang jadi perhatian kami, namun keselarasan tatanan masyarakat, lingkungan maupun kelangsungan usaha itu sendiri, jadi perhatian serius kami.

“Kelestarian adalah kata kunci. Dan itu bisa dicapai dengan pengorganisasian yang kuat bagi petani-petaninya. Melalui sertifikasi bagi usaha yang dijalankan anggota, upaya sistematis itu, dapat lebih mudah tercapai,”ujarnya.

 

Sumber: Rakyat Merdeka