Pasar Minyak Sawit Terbuka Menyusul Rampungnya IP – PTA

Pemerintah Tiongkok menggelar pertemuan informal tingkat menteri Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organization/WTO) di Shanghai, Tiongkok pada Selasa (5/10/2019) lalu. Pertemuan ini bertujuan untuk menghasilkan rumusan dalam mendukung pelaksanaan Konferensi Tingkat Menteri (KTM) WTO ke-12 yang akan digelar di Kazakstan pada 2020.

Pada kesemptana tersebut Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuagajuga melakukan pertemuan bilateral dengan Penasehat Perdana Menteri Bidang Perdagangan, Tekstil, Industri dan Produksi, dan Investasi Pakistan Abdul Razak Dawood di sela pertemuan informal tingkat menteri WTO.

Pada pertemuan tersebut Mendag Pakistan menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Indonesia atas selesainya perjanjiang Indonesia-Pakistan Preferential Trade Agrement (IP-PTA). “Melalui kesepsaakatan ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja ekspor Indonesia ke Pakistan, khususnya kelapa sawit yang saat ini mengalami hambatan di Uni Eropa,” jelas Wamendag dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT belum lama ini.

Pada pertemuan ini, Wamendag juga mengungkapkan pentingnya produk kelapa sawit bagi Indonesia dan kemungkinan pelaku usaha kelapa sawit Indonesia berinvestasi di Pakistan. “Diharapkan Pakistan dapat menyampaikan dukungan untuk produk kelapa sawit dalam forum-forum internasional,” tandad dia.

 

Sumber: Infosawit.com