Pelindo I Siap Mendukung Kelancaran Ekspor CPO

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I siap membantu peningkatan ekspor minyak kelapa sawit atau crude palm oil (CPO) dan turunannya. Pelindo I bakal terus meningkatkan pelayanan terminal curah cair di dua pelabuhan besar yang mereka kelpla, yakni Pelabuhan Belawan dan Pelabuhan Dumai Kedua pelabuhan ini merupakan pintu utama ekspor CPO.

Sepanjang tahun lalu, Pelabuhan Belawan melayani ekspor CPO dan turunannya sebanyak 3,27 juta ton, tumbuh 12,60% dibandingkan tahun 2018. Ekspor tersebut menuju ke Pakistan, India dan Belanda.

Adapun Pelabuhan Dumai melayani CPO dan turunannya sebanyak 4,75 juta ton, naik 5,77% year on year (yoy). Ekspor produk CPO antara lain menuju India, China, Jepang dan.penjuru Eropa

Pelindo I memiliki fasilitas pipa terpadu di dermaga yang menghubungkan dengan ratusan tangki timbun CPO yang berada di area Pelabuhan Belawan yang didukung dengan 84 jalur pipa, enam loading point, serta dilengkapi tiga unit tangki CPO dengan kapasitas masing-masing sebesar 3.000 metrik ton (MT). “Dumai akan menjadi pelabuhan ekspor CPO terbesar di Indonesia,” kata SVP Sekretariat Perusahaan Pelindo I, M Eriansyah dalam keterangan tertulis, Selasa (4/2).

 

Sumber: Harian Kontan