PENGEMBANGAN SAWIT NASIONAL BUTUH KERJASAMA ANTAR PROVINSI

 

BANJARMASIN – Sekretaris Eksekutif Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Cabang Kalimantan Selatan (Kalsel) A Yuliani berharap, ada koordinasi antar provinsi di Kalimantan untuk dapat maksimalkan potensi industri kelapa sawit di Kalimantan.

Harapan ini muncul selepas masih banyaknya pabrik kelapa sawit di wilayah Kalimantan yang masih kekurangan pasokan buah kelapa sawit. Misalnyanya saja kata A Yuliani, seperti dikutip Banjarmasinpost.co.id, dua pabrik milik Sinar Mas Group dan Minamas Group yang ditaksir berkapasitas 5500 ton CPO/hari belum bisa berproduksi secara maksimal, ini ditengarai lantaran pasokan buah sawit yang masih minim.

Menurut A Yuliani, semestinya justru dua pabrik kelapa sawit itu menjadi nilai tambah bagi pengembangan kelapa sawit di Kalimantan Selatan. “Semakin banyaknya pabrik maka akan membutuhkan banyak pasokan buah sawit, sebab itu dibutuhkan kerjasama antar daerah,” katanya.

Lebih lanjut kata A Yuliani, untuk pegembangan sektor kelapa sawit di Kalsel, tidak hanya membutuhkan kebijakan antar kabupaten di Kalsel. “Tetapi juga harus ada kebijakan antar provinsi  untuk maksimalkan potensi yang ada,” tandas Yuliani. (T2)

 

Sumber: Infosawit.com