Petani Sawit: Bahar Buasan Sosok yang Memperjuangkan Kesejahteraan Petani

Seorang petani sawit bernama Asro’ mengatakan anggota DPD RI dapil Bangka Belitung (Babel) Bahar Buasan merupakan salah satu petani Babel

Karena itu, menurut Asro’i, Bahar bisa memperjuangkan kesejahteraan para petani Babel. Terutama, lanjutnya, petani sawit.

“Pak Bahar di tingkat nasional bisa lebih banyak bagaimana memperjuangkan dan meningkatkan kesejahteraan petani,” ujar Asro’i, Sabtu (22/9/2018).

Asro’i mengatakan, salah satu permasalahan yang dihadapi oleh industri sawit Babel adalah adanya keharusan memiliki kebun untuk bisa mendirikan pabrik. Padahal, terkadang hasil sawit yang ada melebihi kapasitas pabrik yang tersedia.

“Antara lain, setiap pabrik sawit harus punya perkebunan,” sebutnya.

Namun Asro’i mengatakan bila Bahar memperjuangkan pendirian pabrik tanpa harus memiliki kebun. Hal tersebut dirasa sangat diperlukan para petani karena jumlah petani sawit rakyat di Babel cukup banyak.

“Tapi Pak Bahar memperjuangkan bagaimana tanpa perkebunan sesuai ketentuan, itu bisa mendirikan pabrik untuk sawit rakyat, itu yg kita perlukan sekali,” katanya.

“Kita harap Pak Bahar bisa mendorong pemerintah untuk merubah agar petani lebih sejahtera,” tutupnya.

Hal senada juga dikatakan oleh seorang pendeta asal Sidiharjo, Bangka Selatan bernama Jeremiah Fredrick. Dirinya mengatakan Bahar Buasan merupakan sosok yang bisa sangat memperhatikan nasib petani.

Menurutnya, Bahar merupakan orang yang bisa membuat pertanian di Babel lebih maju. Karenanya, dia tidak meragukan bila Babel akan lebih baik dalam hal pertanian bila Bahar kembali terpilih sebagai anggota DPD.

“Saya yakin Pak Bahar ini akan membawa pertanian lebih naju. Saya tidak merugukan kapasitas dan kapabilitas Bahar Buasan agar membawa Babel lebih baik dalam hal perekonomian dan pertanian,” tuturnya.

Sumber: Bangka.tribunnews.com