RT15 Dibuka Resmi, Ini Topik Pentingnya

 

Perhelatan ke-15 Konferensi Internasional Kelapa Sawit Berkelanjutan (RSPO) di Nusa Dua, Bali, dibuka resmi hari ini, Rabu (29/11/2017). Acara itu dikenal dengan sebutan RT15.

Catatan terkumpul Kompas.com dari laman rt.rspo.org menunjukkan bahwa sejatinya, pertemuan itu sudah berlangsung sejak Senin (27/11/2017). Acara berlangsung hingga Kamis (30/11/2017).

Pada pembukaan, Menteri Perdagangan Republik Indonesia Enggartiarto Lukita akan menjadi pembicara utama. Sementara, pada sesi pagi, ada pembicaraan mengenai kelapa sawit berkelanjutan di Afrika.

Pada hari yang sama, menjelang petang, Asisten Profesor dari Universitas Hawaii, AS, Dr. Kimberly Carlson akan mengetengahkan makalah bertajuk Does RSPO Certification Reduce Deforestation or Fire in Indonesia?.

Lantas, Dr. Nia Kurniawati Hidayat dari Institut Pertanian Bogor (IPB) akan menyampaikan pandangan ilmiahnya dengan judul On the Profitability of Sustainability Certification: An Analysis Among Indonesian Palm Oil Smallholders.

Selanjutnya, pada Kamis (30/11/2017) sekitar pukul 10.30 Wita, akan ada gelaran RSPO Principles and Criteria 2018 Review. Seluruh acara RT15 berlangsung di Hotel Grand Hyatt, Nusa Dua, Bali.

 

Sumber: Kompas.com