Refining

Proses pengolahan minyak goreng yang baik harus memperhatikan kandungan kandungan nutrisi mana yang ada pada minyak goreng, oleh karenanya umumnya melalui proses penyulingan atau pemurnian (refinery) secara kimia maupun fisika guna menghilangkan bahan bahan yang tidak diinginkan. Penyulingan minyak mentah (refinery)  dilakukan untuk menghapus komponen minor yang tidak diinginkan yang membuat minyak tidak menarik bagi konsumen, ketika mencoba untuk menyebabkan kerusakan paling mungkin untuk minyak netral serta kerugian penyulingan minimum. Komponen yang akan dihapus adalah semua senyawa glyceridic dan non-glyceridic yang merugikan rasa, warna, stabilitas atau keamanan minyak halus.Mereka terutama phosphoacylglycerols, asam lemak bebas, pigmen, bahan mudah menguap dan kontaminan. Lihat data perusahaan. 

Fractionation

Fraksinasi adalah metode fisik dengan menggunakan sifat kristalisasi dari trigliserida untuk memisahkan campuran menjadi leleh rendah fraksi cair dan lebur tinggi fraksi cair. Ada tiga jenis fraksinasi: fraksinasi kering, fraksinasi deterjen, dan fraksinasi pelarut. Dua komponen yang dihasilkan dari fraksinasi minyak kelapa sawit adalah minyak goring ( olein / minyak cair) dan stearin sawit (bentuk padat). Proses fraksinasi yang dilakukan pada PT Wilmar Nabati Indonesia adalah proses fraksinasi kering ( dry fractionation ). Dengan pendinginan bahan baku di bawah kondisi yang dikontrol dengan hati-hati dalam kristalizer kita membuat bubur kristal stearin lebur tinggi dalam cairan minyak goreng leleh rendah. Lihat data perusahaan.

Oil Modifications

There are 3 ways of Oil modificationHardening or hydrogenation. Under high temperature condition and by means of a catalyst, unsaturated bounds in the fatty acid chain are changed into saturated ones by the addition of hydrogen or the cis-unsaturated form is converted in a trans-unsaturated form. On this way oils are transformed in fats with various melting points. Soybean oil (BO) can be transformed in BO35 (melting point 35°C) or BO44 (melting point 44°C. Fractionation and Interesterification or rearrangement. Lihat data perusahaan.