Tekan Impor, Presiden Jokowi: Saya Dengar CPO Bisa Dibuat Avtur

 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong agar olahan sawit berupa CPO bisa menghasilkan avtur untuk bahan bakar pesawat. Saat ini, Pertamina bekerja sama dengan ITB tengah mengembangkan katalis atau senyawa kimia yang bisa menyulap CPO menjadi avtur.

“Dan juga saya mendengar CPO ini juga bisa dibuat avtur. Tolong ini ditekuni lagi lebih dalam sehingga kalau itu bisa, pertama mengurangi impor avtur,” kata Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (12/8/2019).

Jokowi ingin defisit neraca perdagangan Indonesia bisa ditekan karena tak lagi mengimpor avtur. Bahkan, Kepala Negara akan memantau langsung bagaimana perkembangan pemanfaatan CPO yang melimpah untuk dijadikan bahan bakar biodoesel.

“Dan juga, perlu saya sampaikan di sini, saya akan cek langsung urusan yang berkaitan dengan penggunaan B20 ini, termasuk nanti kalau meloncat ke B30. Saya enggak tau apakah saya akan gunakan BPKP atau Pricewaterhouse, atau lembaga yang lain untuk memastikan bahwa ini betul-betul berjalan,” sambungnya.

“Dan kita harus sadar semuanya bahwa kita pada kondisi CPO kita tertekan oleh permintaan dunia,” tambah mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Sementara itu, Menhub Budi Karya Sumadi menyambut baik wacana penggunaan avtur dari CPO yang disampaikan Jokowi tersebut.

Menurut dia, pengolahan avtur dari CPO masih perlu riset lebih jauh. Kemenhub, kata dia, akan membantu pihak-pihak yang tengah melakukan pengembangan katalis pengubah CPO menjadi avtur.

Sumber: Okezone.com