Tingkatkan Produktivitas, Korari Bakal Beri Bantuan Bibit Sawit Berkualitas

BANGKAPOS.COM, BANGKA-Calon Wakil Bupati Kabupaten Bangka Tengah, H Korari Suwondo berkomitmen untuk memberikan bantuan berupa bibit kelapa sawit berkualitas untuk petani kecil.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan produktivitas perkebunan rakyat.

Korari mengatakan, bantuan ini bakal diperuntukkan bagi petani yang memiliki lahan maksimal seluas 2 hektare.

Sedangkan petani yang memiliki lahan lebih dari 2 hektare tidak diberikan bantuan ini.

“Bibit ini tidak boleh diperjualbelikan, semua untuk kesejahteraan petani kecil. Dengan langkah konkret ini diharapkan akan mampu meningkatkan produktivitas perkebunan di Bangka Tengah,” kata Korari, Sabtu (10/10/2020).

Menurut dia, langkah ini merupakan bagian dari percepatan program peremajaan tanaman kelapa sawit.

Sebab, tanaman yang telah berusia lebih dari 25 tahun akan mengalami penurunan produktivitas.

Padahal selama ini sektor perkebunan sawit menjadi andalan pemerintah daerah maupun pemerintah swasta dalam mendulang devisa.

Selain itu, komoditas andalan ini juga menyerap banyak tenaga kerja sehingga harus menjadi perhatian khusus dari pemerintah.

“Sawit berperan penting bagi penghidupan masyarakat, oleh karena itu petaninya harus sejahtera. Ini akan menjadi prioritas kami,” kata dia.

Petani Kecamatan Simpang Katis, Riko Saputra (30 tahun) menyambut baik upaya tersebut.

Pasalnya, selama ini kebun miliknya tidak pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah dalam bentuk apapun.

Adapun luas kebun yang dimiliki Riko yakni seluas 1,75 hektare. Dengan begitu ia berharap bantuan segera terealisasi sehingga mampu meningkatkan hasil panen.

“Beliau (Korari Suwondo) memang dikenal dekat dengan petani kecil seperti kami. Bantuan ini sangat menolong para petani dan berharap melalui kerja kerasnya semua orang dapat semakin sejahtera,” ujarnya.

Sebagai informasi, H. Korari Suwondo telah resmi ditetapkan oleh Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan sebagai Calon Wakil Bupati Kabupaten Bangka Tengah mendampingi Bakal Calon Bupati Didit Srigusjaya.

Mereka pun mendapatkan dukungan dari empat partai koalisi yakni Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Gelora Indonesia dan Partai Bulan Bintang (PBB).

 

Sumber: Bangka.tribunnews.com