Pabrik sawit di Mukomuko kembali beroperasi

Mukomuko (ANTARA) – Salah satu pabrik minyak kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Selasa, kembali beroperasi mengolah minyak mentah kelapa sawit setelah tutup selama libur Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah.

Baru satu pabrik minyak kelapa sawit PT Surya Andalan Primatama yang mulai beroperasi, kata Kasi Kemitraan dan Perizinan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Sudianto di Mukomuko, Selasa.

Sejumlah pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini tutup atau tidak membeli TBS (Tandan Buah Segar) kelapa sawit milik petani setempat karena libur Idul Fitri 1441 Hijriah mulai hari Rabu (20/5).

Dari  10 pabrik minyak kelapa sawit yang tersebar di sejumlah wilayah di daerah ini, baru satu pabrik minyak kelapa sawit milik PT SAP yang beroperasi.

Meskipun sudah ada pabrik minyak kelapa sawit di wilayah Kecamatan Penarik yang beroperasi, namun kendaraan pengangkut TBS kelapa sawit ke pabrik tersebut masih sepi.

“Hari ini belum banyak kendaraan pengangkut TBS kelapa sawit yang datang ke pabrik tersebut. Namun pabrik tetap buka sampai sore hari untuk menerima TBS kelapa sawit,” ujarnya.

Terkait dengan harga pembelian tandan sawit oleh pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini, ia mengatakan, masih berpedoman dengan harga tanggal 18 Mei 2020 yakni harga sawit di PT SSJA Rp980 per kg.

Harga Sawit di PT KSM sebesar Rp970 per kg, harga sawit di PT MMIL sebesar Rp970 per kg, harga sawit di PT SSS sebesar Rp970 per kg, harga sawit di PT SAP Rp990 per kg, harga sawit di PT KAS Rp970 per kg.

Harga sawit di PT DDP sebesar Rp1.000 per kg, harga sawit di PT USM sebesar Rp1.050 per kg, harga sawit di PT BMK Rp1.040 per kg, harga sawit PT GGS Rp1.040 per kg.

 

Sumber: Antaranews.com