Uji Coba Sudah 70%, Penggunaan B30 Siap Diterapkan Januari 2020

Kementerian ESDM melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) masih melakukan serangkaian uji coba bahan bakar campuran biodiesel 30% atau B30. Saat ini tahapan uji coba telah mencapai 70%.

“Kalau secara umum (uji coba) sudah selesai 70%. Kan arahan dari pimpinan setelah diputuskan rapat di Presiden kita memastikan akan start 1 Januari,” kata Kepala Balitbang ESDM Dadan Kusdiana dalam acara sosialisasi uji jalan B30,di Puslitbang Tekmira, Kota Bandung, Kamis (29/8/2019).

Dia mengungkapkan, secara umum hasil uji coba B30 pada kendaraan diesel memperlihatkan hasil positif. Misalnya saja dari sisi pembakaran B30 dibandingkan dengan B20 jauh lebih baik.

“Kinerja horse power memang agak turun karena tenaga di bahan bakarnya itu turun. Turunnya itu di kaki tidak terasa tapi kalau pakai alat itu terlihat penurunannya 1-2 persenan (dibanding menggunakan B20). Tapi ada perbaikan dari sisi pembakaran,” ucapnya.

Kemudian dari sisi efisiensi B30 dibanding B20 pada kendaraan hasilnya bervariasi. Dari sekian kendaraan yang digunakan untuk pengujian hasilnya ada yang lebih boros, ada yang tetap, dan dua merek irit.

“Kalau dirata-ratakan (penggunaan B30) ini lebih hemat 1% (dibanding B20),” ucapnya.

Selain itu, lanjut dia, untuk emisi atau gas buang kendaraan menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan. Untuk ketebalan asap memang ada kenaikan namun masih berada di bawah ambang batas yang ditetapkan.

“Dari sisi emisi, kalau untuk total hidro karbon itu tetap dibandingkan dengan B20, CO juga sama. Kalau untuk opasitas naik tapi masih di bawah standar yang diminta. Jadi masih masuk angkanya,” ujarnya.

Dia menambahkan, proses uji coba ini diharapkan bisa selesai pada September mendatang. Pihaknya juga akan menyampaikan laporan rekomendasi terkait hasil uji B30 ini bulan depan.

“Laporan rekomendasi harus masuk sebelum September ini habis. Kita bisa berikan rekomendasi. Belum selesai sih semuanya sekitar 90%. Tapi sambil jalan memastikan laporan finalnya yang nanti akan dipakai di Gaikindo dan lain-lain, speknya akan disempurnakan,” ujarnya.

Sumber: Detik.com