Stok Bahan Pangan Berbasis Minyak Sawit Dijamin Aman Saat Puasa dan Lebaran

Dari keterangan resmi Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), harga minyak sawit mentah (CPO) KPB FOB Februari 2020 mencapai level US$ 600 turun dari harga bulan Januari yang berada pada level US$ 700 dengan stok akhir Februari 2020 sekitar 4.000 ribu ton. “Turun sekitar 500 ribu ton dari stok akhir Januari,” catat Direktur Eksekutif GAPK, Mukti Sardjono, dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, Selasa (21/4/2020).

Sementara tingkat konsumsi dalam negeri pada Februari 2020 tercatat naik sekitar 50 ribu ton dari konsumsi bulan Januari 2020 lalu. Kenaikan yang besar terjadi pada konsumsi biodiesel sebanyak 70 ribu ton (12%) sedangkan untuk pangan turun sekitar 15 ribu ton.

Catat Mukti, konsumsi dalam negeri 2-3 bulan menjelang Lebaran biasanya naik karena industri minyak goreng, margarin, biskuit dan lain-lain mulai memproduksi ekstra untuk persiapan menghadapi puasa dan lebaran. “Berdasarkan stok yang tersedia di akhir Februari, pasokan minyak sawit untuk kebutuhan puasa dan lebaran akan cukup tersedia,” tandas Mukti.

 

Sumber: Infosawit.com